Rabu, 20 Februari 2013

PARENTING SITE “Asi Eksklusif”


Mungkin sudah tidak asing lagi ya... ayah bunda, dengan istilah asi eksklusif. beberapa tahun belakangan ini,, gencar sekali info dan gerakan mengenai asi ini... segitu pentingnya.. hingga kampanye2 mengenai asi terus bergema,,, bahkan tidak hanya para ibu saja lho, yang concern tentang asi ini,  bahkan ada wadah khusus buat para ayah yang mendukung gerakan ini. Dibanyak jejaring sosial seperti twitter dan facebokk, salah 1 nya forum AYAH ASI.  Sebagai wujud dukungan para ayah terhadap istri tercintanya untuk dapat memberikan asi kepada sang buah hati tersayang.
Apa c sebenarnya Asi Eksklusif Itu?
Pengertian asi eksklusif adalah pemberian makanan pada bayi berupa ASI (Air Susu Ibu) SAJA, tanpa tambahan makanan atau minuman lain, sebagai makanan pokok bayi selama 6 bulan.
Kenapa 6 bulan? Karena saat itulah saluran pencernaan bayi beserta enzim2 yang berperan didalamnya mampu dan siap menerima makanan selain susu.  Pernah pula dalam 1 acara talkshow dengan dokter specialis anak yang saya saksikan, dijelaskan sebuah enzim yang ada pada bayi yang ‘disiapkan’ khusus hanya untuk mencerna air susu selama 2 tahun.  Sehingga setelah 2 tahun tersebut, enzim itu telah habis. Subhanalloh..
Banyak diantara para ibu khususnya “ibu2 baru”, yang ragu dan gamang akan nutrisi anaknya jika hanya mengkonsumsi ASI, apakah sudah mencukupi atau tidak, belum lagi biasanya mengalami desakan baik dari orang tua ataupun mertua untuk meberikan makanan terlalu dini pada bayi, misalnya bayi yang baru berumur 2 atau 3 bulan, sudah diminta untuk disuapi dengan pisang, dikarenakan kebiasaan yang sudah turun temurun.  
Padahal hal ini sangat tidak baik dan bahkan dapat membahayakan si bayi. Pernah suatu kali saya alami sendiri waktu mengkonsultasikan perbedaan “cara pandang” ini kepada bidan dan dokter , malah diceritakan pengalaman beliau2 menangani  pasiennya yang datang sudah dalam keadaan bayi biru sekujur tubunya, dikarenakan tersedak pisang dan yang satunya lagi terlalu banyak makan pisang sehingga puppy keras dan tidak bisa keluar.  Yang satu meninggal dan yang satu bisa selamat setelah puppy-nya ditarik keluar oleh dokter, masya Alloh.. ke-2 nya bru berusia 2 dan 3 bulan.
Walaupun lingkungan tidak kondusif dan orangtua maupun mertua tidak mendukung Asi eksklusif  Ini,, sebaiknya ayahbunda jangan menyerah dan tetap konsisten, istiqomah , mantap dan yakin untuk bisa memberikan asi pada buah hati. Karena kedua ortu bayilah harapan  terahir anak untuk bisa mendapatkan hak-nya memperoleh asi secara penuh. Padahal jika ayah bunda ketahui betapa manfaat yang besar pada asi, saya yakin tidak akan rela ayahbunda berikan yang lain bagi bayi.
Dalam asi terdapat semua zat gizi yang dibutuhkan bayi,, bahkan jumlahnya pun sudah menyesuaikan keinginan menyusu si bayi.. jadi jangan minder dan tidak pede, merasa asi kurang kualitas dan kuantitas,, asalkan ibu mengkonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup (banyak),  istirahat cukup, dan yakin ‘asi-ku’ banyak, insya alloh, asi akan berkualitas.
Para orang tua masa kini memang banyak yg menjadi ‘korban iklan’, dan bingung akan gencarnya susu formula dengan berbagai macam dan ragam kandunganya yang super hebat itu menurut klaim mereka. Padahal, salah, jika ayahbunda memandang susu formula lebih terjamin gizinya,, karena susu formula itu dg AHA, DHA dll-nya itu,,sebenarnya berusaha mencontoh kandungan yang ada dalam asi. Bahkan produsen susu formula terus melakukan penelitian, dan semakin menemukan kandungan2 lain dalam Asi, sehingga mereka selalu memperbaharui produknya. Jadi salah sekali jika susu formula lebih baik dari asi. Malah sebaliknya.
Saya telah membuktikn sendiri, alhamdulilah,, karena keukeuh ingin memberi Asi, walaupun diawal sering mendapat “wejangan dan sindiran2 ”, kalo ayahbunda mantap, dan mau menjelaskan pelan2 dan baik2 pada orangtua atau mertua,, pada akhirnya malah di-support dan di puji betapa cucu mereka bisa tumbuh dengan baik dan sehat.
Karena dalam Asi, selain kandungan gizi yang tidak ada yang bisa menyamainya. Asi juga terjamin higienitas-nya, karena langsung masuk ke tubuh bayi. Berbeda dengan konsumsi susu dalam botol. Walaupun sudah disterilisasi, tetap saja bersinggungan dengan udara luar yang banyak mikroorganisme.
Manfaat lain Asi adalah membantu imunitas tubuh bayi lebih bagus.  Sehingga anak jarang sakit, apalagi Asi pertama berupa kolostrum yang memang wajib diberikan pada bayi yang baru lahir.
Mengenai kuantitas atau jumlah Asi, sebenarnya ibu tidak perlu risau. Memang, kalau minum Asi, kita tdk tau, seberapa banyak yang masuk ke tubuh bayi. Berbeda dengan botol, yang kita bisa melihat jumlah susu yang dikonsumsi. Timbul pertanyaan “bayiku sudah kenyang atau belum ya?”
Padahal, perlu ayahbunda ketahui bahwa ukuran lambung bayi sangat kecil, bahkan menurut yang saya ketahui dari talkshow tentang anak, bayi yang baru lahir ukuran lambungnya hanya sebesar biji kelereng.
Asi sebaiknya diberikan kapanpun bayi menghendaki. Kalaupun bayi belum bisa meminta, jadwalkan kurang lebih 2 jam sekali untuk memberi Asi pada bayi.
Dengan Asi, ikatan emosi antara ibu anak juga lebih dekat, sehingga bonding antara keduanya dapat tercipta. Anak menjadi lebih tenang (tidak rewel) dan  mudah diatur nantinya, insya Alloh
Bagaimana jika ibu bekerja?
Jika memang terpaksa begitu, tetap usahakan Pemberian Asi. Sekarang telah banyak cara dan sudah menjadi tren bagi ibu2 muda yang berkarier namun tetap ingin memberikan asi bagi buah hatinya, yaitu dengan cara me-nyetok asi dalam lemari pendingin. Sehingga walaupun ibu tidak dirumah, kebutuhan Asi bayi tetap dapat terpenuhi.
è Cara menyinpan Asi adalah sbb;
Saat Asi sedang banyak2nya, biasanya dipagi hari setelah ibu mandi, siapkan pompa khusus yang sudah bersih untuk memompa asi atau bisa dengan tangan langsung yang sudah bersih. Bersihkan panyudara dengan handuk yang sudah dicelup air hangat . pompa asi dan Masukkann dalam botol gelas kaca, beri label tanggal. Dan masukkan dalam kulkas bawah selama setengah jam kemudian baru masuk ke freezer. Jika telah masuk ke freezer. Asi akan tahan selama 6 bulan.
è Cara pemberian Asi yang telah dibekukan adalah sbb:
Asi dalam freezer di letakkan di kulkas bawah dulu selama setengah jam, kemudian dikeluarkan dan didiamkan dulu dalam suhu ruang beberapa saat sampai tidak terlalu dingin, atau bisa dihangatkan dengan majic jar. Baru dimasukkan dalan botol dot dan diberikan pada bayi.
Berikan asi dengan tanggal yang lebih dulu.  Sebagai info asi yang disimpan dalan botol kaca tertutup dalam suhu ruang bertahan selama ½ hari, dalam kulkas bawah 3-7 hari dan dalam freezer sampai 6 bulan. Jadi saat bayi masih usia 1bulan ,2 bulan atau 3 bulan,  saat konsumsinya masih  sedikit tapi Asi ibu melimpah, sebaiknya simpanlah asi sebagai stock.
Demikianlah sedikit banyak uraian dan pengalaman pribadi saya tentang Asi eksklusif.  Saya bahagia dan bangga sekali dapat memberikan Asi penuh pada buah hati saya. Sehingga jarang sekali sakit, alhamdulillah.
Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak memberikan asi pada bayi kita. Karena saat ini fasilitas yg mendukung telah banyak, seperti menyetok asi tadi, bahkan di tempat2 umum tertentu kini telah disediakan ruang khusus ibu menyusui jika memang sedang bepergian, seperti di kantor, mall, tempat2 rekreasi, rumah sakit2.. dll.. bahkan segala pernakpernik menyusui seperti kain penutup saat menyusui di tempat umum,  juga banyak dijual.
Kalau memang tdk mau menyusui karena takut bentuk panyudara berubah tidak indah, sebenarnya ini anggapan yang salah sekali, karena penyudara berubah bukan saat menyusui, tapi kelenjar2 panyudara terbentuk saat kita hamil, seperti balon yang telah ditiup, walaupun bisa kembali kecil, namun tidak seperti semula sebelum kehamilan.
 Jadi jika tidak ingin bentuk panyudara berubah bukan “jangan menyusui” tapi, jangan hamil. Karena perubahan itu terjadi saat kehamilan.
Saya bisa, ayahbunda juga pasti bisa. Khusus para ayah, jadilah benteng pertahanan terahir bunda dalam mendukung pemberian asi ini, ketika  lingkungan dan keluarga tidak kondusif, saat  ayah kuat dan menguatkan bunda, serta saling mendukung dengan cinta, insya Alloh buah hati akan bahagia dengan haknya terpenuhi mendapkan Asi, bekal kesehatannya seumur hidup,, Lihatlah nanti ketika senyum kecilnya mengembang saat sehat berlari2 dan bermain2.....
 Selamat memberi kasih lewat Asi ya...ayahbunda...

Wallahu’alam bishowab. Semoga bermanfaat
Salam hangat
Ummu sahla

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar