Senin, 18 Februari 2013

PARENTING SITE "Tahnik"


TAHNIK


Mungkin tidak banyak yang tahu atau bahkan baru mendengar istilah TahNik, padahal ia adalah sebuah tuntunan yang Haq mengenai kesehatan Bayi, dan merupakan sebuah adab yang pertama-tama harus dikenalkan pada bayi segera setelah kelahirannya. Oleh karenanya, mejadi sebuah keniscahyaan, bagi orang tua ataupun calon orang tua yang akan memiliki anak pertamanya, untuk segera mencari tahu dan belajar mengenai tahnik ini, sehingga nantinya dapat diterapkan pada bayinya.

Tahnik adalah sebuah syariat yang menakjubkan, karena didalammya terdapat manfaat2 kesehatan baik jasmani dan rohani yang tak terbilang jumlahnya.

Tahnik berasal dari kata Al-Hanak yang berarti mulut bagian atas dari dalam atau langit2. Sedangkan pengertian Tahnik adalah sebagai berikut:

1.     Tahnik yaitu, mengunyah kurma dan sejenisnya, lalu digosok-gosokkan (dilolohkan atau dilumurkan), kedalam langit2 mulut bayi.
2.    Tahnik berarti juga membersihkan mulut bagian atas bayi dari dalam dengan kurma yang telah dimamah dengan lumat.
3.    Tahnik juga dimaknai melolohkan/melumurkan kurma yang telah dikunyah halus ke langit2 mulut bayi.

Tata cara men-Tahnik adalah sebagai berikut :
-      Mengunyah kurma hingga lembut atau agak cair sehingga mudah ditelan
-      Mengambil kurma yang lembut tersebut dengan ujung jari
-      Kemudian memasukkan/menggosokkan ke mulut/langit2 bayi.

Tahnik disunahkan (dianjurkan), dilakukan pada bayi yang baru lahir, sebagai  suapan/ makanan pertamanya. Hendaknya tahnik dilakukan oleh orang tua bayi atau orang sholih sehingga bisa dimintai doa keberkahannya.

Kurma yang dipakai untuk men-Tahnik sebaiknya kurma kering, kalau tidak ada, bisa dengan kurma basah, kalau tidak ada juga bisa dengan madu. Bahkan sekarang ini telah banyak dijual sari kurma yang oleh sebagian orang juga digunakan untuk men-tahnik, karena dianggap lebih praktis.

Buah kurma telah terbukti memiliki kandungan unsur2 vital yang dapat melindungi bayi dari penyakit dan menguatkan daya tahan tubuh yang telah didapatkannya dari Alloh. Dengan izin Alloh, kurma sangat efektif membentengi dan melindungi tubuh bayi dari ragam virus dan bakteri/penyakit, seperti TBC, polio, difteri, campak dan lainnya.

Hikmah dan manfaat Tahnik diantaranya ;
1.     Untuk menguatkan syaraf2 mulut dan gerakkan lisan beserta tenggorokkan dan dua tulang rahang bawah dengan jilatan, sehingga anak siap menghisap air susu ibunya dengan kuat dan alami
2.    Jika yang mentahnik orang tuanya, air liur dari orang tua yang lidahnya senantiasa melantunkan dzikir pada Alloh,  akan mengikat hati bayi dengan cinta mereka dan mengalirkan kepadanya fitrah Islam yang suci, sehingga dia akan tumbuh dengan baik dan bersih.
3.    Meloloh bayi adalah sebuah syariat yang mampu menanamkan dan menguatkan aqidah bayi, sekaligus membangun kasih sayang yang tulus antara orang tua dan anak, dibawah naungan Ridha Alloh Ta’ala.

Hadist mengenai Tahnik :
·         Sahabat Anshor Abu Musa berkisah : “(suatu saat), aku memiliki anak yang baru lahir, kemudian aku mendatangi nabi Shalalahu’alaihi wa sallam, kemudian beliau memberi nama padanya dan beliau men-tahnik dengan sebutir kurma” (H.R Imam Bukhari)
·         Istri Rasulullah, Aisyah r.a mengatakan :”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangkan anak kecil, lalu beliau mendoakan mereka dan mentahnik mereka” (HR Bukhari Muslim)
·         Dikisahkan oleh Asma r.a bahwa dia tengah mengandung Abdullah bin Zubair di mekah. Kemudian dia hijrah ke madinah dan sesampainya di quba baliau melahirkan Abdullah disana. Ia pergi membawa anaknya itu kehadapan rasulullah Shallallahu ‘ alai wa sallam. Beliau letakkan bayi itu diharibaanya, meminta sebuah kurma dan dikunyahnya hingga halus benar kemudian beliau masukkan ke dalam mulut sang bayi. Demikianlah, air liur Rasul adalah sesuatu yang masuk pertama kali le dalam perut anak tersebut. Beliau membersihkan mulut anak tersebut dengan kurma kemudian didoakan agar Alloh berkenan memberkahinya. Ia adalah anak muslim pertama dari kaum muhajirin yang dilahirkan di bumi madinah. Selanjutnya ucap Asma r.a :”kaum muslimin bersukaria dengan kelahirannya karena sudah didesasdesuskan sebelumnya kepada kaum muslimin bahwa mereka tidak akan memperoleh keturunan karena orang2 yahudi telah menyihir mereka”
Demikianlah ayah-bunda, abi-ummi, mama-papa sekalian,, uraian singkat mengenai syariat tahnik yang lama dilupakan bahkan (tidak sadar) ditinggalkan oleh kita kaum muslimin. Padahal sangat banyak manfaat dan hikmah yang bisa kita peroleh.

 Jadi mulai sekarang.. selain adzan ditelinga bayi dan pemberian kolostrum di awal kelahiran bayi.. kita tambah lagi yuk, satu jadwal untuk bayi kita tercinta yaitu tahnik.. tuntunan yang haq dan sangat bermanfaat. Wallahu’alam bishowab

By. Ummu Sahla
dari berbagai sumber.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar